Pengaruh Kosmetik Mata Terhadap Sindrom Mata Kering Di Waralaba Kelurahan Pisangan

Authors

  • Rosmerry Simanjuntak Akademi Refraksi Optisi Leprindo Jakarta
  • Izza Tazkia Fatma Akademi Refraksi Optisi Leprindo Jakarta
  • Sylvianti Simanjuntak Akademi Refraksi Optisi Leprindo Jakarta

Keywords:

sindrom mata kering, mata kering, kosmetik mata

Abstract

Sindrom mata kering adalah penyakit yang disebabkan oleh beberapa faktor (multifaktorial) pada permukaan okular disertai dengan tanda hilangnya homeostatis lapisan air mata diikuti oleh etiologi gejala seperti lapisan air mata yang tidak stabil, hiperosmolaritas, inflamasi pada permukaan okular dan abnormalitas neurosensoris. Gangguan pada lapisan air mata akibat defisiensi atau penguapan air mata yang berlebihan mengakibatkan kerusakan pada permukaan mata bagian interpalpebra dan berhubungan dengan timbulnya gejala-gejala ketidaknyamanan pada mata. Kosmetik mata merupakan suatu bentuk sediaan kosmetik yang khusus diaplikasikan untuk daerah sekitar mata. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara total sampling. Penelitian ini dilakukan di 16 waralaba (Indomaret, Alfamart, Alfamidi) Kelurahan Pisangan dengan jumlah sampel sebanyak 46 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pada analisa data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji regresi linier, dan uji hipotesis. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh antara kosmetik mata terhadap sindrom mata kering di karyawan waralaba Kelurahan Pisangan.

Downloads

Published

16-02-2023